Raclette (Other)

    RACLETTE
Raclette adalah keju yang berasal dari Wallis di Swiss dan Savoie di Perancis  dan dibuat dari susu sapi yang dipasteurisasi.Nama keju ini berasal dari kata "racler" yang dalam bahasa Perancis berarti "menggores" atau "mengerik". Pada zaman pertengahan, para gembala dari Swiss senang dengan keju Raclette yang pedas. Mereka pun suka memanaskan setengah keju tersebut dengan api dan mengerik keju yang sudah dipanaskan tersebut. 

Fungsi:
 Keju tersebut sering dimakan bersama dengan kentang rebus.  Karena dapat meleleh dengan baik maka keju Raclette dapat digunakan untuk roti bakar, souffle dan daging panggang.  Apabila keju ini dipanggang maka keju tersebut menjadi renyah dan gurih.

Nutrisi:
Spesial untuk keju jenis raclette ini memang mengandung energi 1430kj atau kalori sekitar 342kl per 100gr, disamping mengandung kurleb 1 gr kolestrol, 25gr protein dan 27gr zat lemak. Karena itulah sebaiknya menyajikan banyak buah - buahandan acar - acaran sebagai pelengkap keju bakar ini. Maksudnya supaya zat lemak yang sudah dikonsumsi pada saat itu, bisa segera ternetralisir dengan asam - asaman dari acar dan buah - buahan.

http://pepobh.blogspot.com/2010/12/chizzu-cheese-ed-keju-dan-raclette.html?m=1

Komentar

Postingan Populer