Food Terminology
10 MAKANAN & TERMILOGI
Biryani adalah Nasi pedas yang merupakan sajian nasi Asia Selatan dicampurkan dengan hidangan nasi dari benua India. Makanan ini populer di seluruh benua India dan di antara diaspora dari wilayah ini. Hal ini dibuat dengan rempah-rempah, nasi dan daging (ayam, daging kambing, daging sapi, udang, atau ikan) atau ditambahkan telur.
Biryani adalah kata Urdu yang berasal dari bahasa Persia, yang digunakan sebagai bahasa resmi di berbagai bagian India abad pertengahan di berbagai dinasti Islam. Salah satu teori mengatakan bahwa itu berasal dari birinj, kata Persia untuk nasi. Lain adalah bahwa itu berasal dari biryan atau beriyan, untuk menggoreng atau memanggang.
Biryani adalah kata Urdu yang berasal dari bahasa Persia, yang digunakan sebagai bahasa resmi di berbagai bagian India abad pertengahan di berbagai dinasti Islam. Salah satu teori mengatakan bahwa itu berasal dari birinj, kata Persia untuk nasi. Lain adalah bahwa itu berasal dari biryan atau beriyan, untuk menggoreng atau memanggang.
Di India Utara, varietas biryani yang berbeda berkembang di pusat-pusat Muslim di Delhi (masakan Mughlai), Lucknow (masakan Awadhi) dan kerajaan kecil lainnya. Di India Selatan, di mana beras lebih banyak digunakan sebagai makanan pokok, beberapa varietas biryani yang berbeda muncul dari Telangana (khususnya Hyderabad), Tamil Nadu, Kerala (Malabar), dan Karnataka, di mana komunitas Muslim minoritas hadir. Andhra adalah satu-satunya wilayah di India Selatan yang tidak memiliki banyak varietas asli biryani. Selama dinasti Safawi (1501-1736) di Persia, sebuah piring yang disebut Berian Pilao (Nastaliq script:بریان پلو) dibuat dengan domba atau ayam, direndam dalam semalam - dengan yogurt, rempah-rempah, rempah-rempah, buah kering seperti kismis, plum atau delima biji - dan kemudian dimasak dalam oven tannour. Kemudian disajikan dengan nasi kukus.
Menurut sejarawan Lizzie Collingham, biryani modern berkembang di dapur kerajaan Mughal (1526-1857), sebagai pertemuan hidangan nasi pedas asli India dan pilaf Persia.Restoran India Kris Dhillon percaya bahwa hidangan itu berasal dari Persia, dan dibawa ke India oleh Mughal. Namun, teori lain mengklaim bahwa hidangan itu dikenal di India sebelum kaisar Mughal pertama Babur datang ke India. Teks Mughal abad ke-16 Ain-i-Akbari tidak membedakan antara biryanis dan pilaf (atau pulao): ini menyatakan bahwa kata "biryani" adalah penggunaan yang lebih tua di India. Teori serupa, bahwa biryani datang ke India dengan invasi Timur, tampaknya tidak benar, karena tidak ada catatan tentang biryani yang pernah ada di tanah kelahirannya selama periode tersebut.
Menurut Pratibha Karan, biryani berasal dari India Selatan, berasal dari varietas pilaf yang dibawa ke anak benua India oleh pedagang Arab. Dia berspekulasi bahwa pulao itu adalah hidangan tentara di India abad pertengahan. Tentara, yang tidak bisa memasak makanan yang rumit, akan menyiapkan hidangan satu pot di mana mereka memasak nasi dengan daging apa saja yang tersedia. Seiring waktu, sajiannya menjadi biryani karena berbagai metode memasak, dengan perbedaan antara "pulao" dan "biryani" menjadi sewenang-wenang. Menurut Vishwanath Shenoy, pemilik rantai restoran biryani di India, satu cabang biryani berasal dari Mughal, sementara yang lain dibawa oleh pedagang Arab ke Malabar di India Selatan.
Murgh Makhani (bahasa Hindi: मुर्ग़ मक्खनी) (diucapkan [mʊrg məkʰniː]) adalah hidangan, yang terbuat dari anak ayam India, dari ayam dengan saus kari yang agak dibumbui.
Hidangannya berakar pada masakan Punjabi. Murgh Makhani ini dikembangkan oleh tiga orang India, Kundan Lal Jaggi, Kundan Lal Gujral dan Thakur Dass semua pemilik restoran Punjabi Hindu yang merupakan pendiri restoran Moti Mahal Delux di Delhi, India.
Hidangan itu diciptakan oleh tiga rekan di restoran mereka di Delhi pada tahun 1950an. Hidangan itu dibuat dengan mencampur sisa ayam dengan saus tomat, kaya akan mentega dan krim.
Chaat (bahasa Hindi: चाट, Nepali: चाट, Bengali: চাট, Urdu: چاٹ) adalah camilan gurih yang berasal dari India, biasanya disajikan sebagai hors d'oeuvre di jalan-jalan dari kios-kios atau gerobak makanan di India, Pakistan, Nepal dan Bangladesh. Dengan asal-usulnya di Uttar Pradesh, India, Chaat telah menjadi sangat populer di benua India. Kata itu berasal dari bahasa Hindi cāṭ चाट(mencicipi, kelezatan), dari cāṭnā चाटना (menjilat), dari Prakrit caṭṭei चट्टेइ (untuk dimakan dengan senang hati, makan dengan ribut).Varian Chaat semuanya berdasarkan adonan goreng, dengan berbagai bahan lainnya.
Chaat asli adalah campuran potongan kentang, roti goreng dahi vada atau dahi bhalla, buncis dan rempah-rempah asin pedas, dengan cabai asam pedas dan saunth (jahe kering dan saus asam), daun ketumbar hijau segar dan yogurt untuk hiasan , tapi varian populer lainnya termasuk aloo tikkis atau samosa (hiasi dengan bawang merah, ketumbar, bumbu panas dan sedikit curd), bhel puri, dahi puri, panipuri, dahi vada, papri chaat, dan sev puri.
Ada unsur umum di antara varian ini termasuk dahi, atau yogurt; bawang merah cincang dan ketumbar; Sev (mie asin kering kering tipis); dan chaat masala, biasanya terdiri dari amchoor (bubuk mangga kering), jinten, Kala Namak (garam batu), ketumbar, jahe kering, garam, lada hitam, dan paprika merah. Bahannya digabungkan dan disajikan di atas piring logam kecil atau daun pisang, dikeringkan dan dibentuk menjadi mangkuk.
Sebagian besar chaats berasal dari beberapa bagian Uttar Pradesh di India, namun sekarang mereka dimakan di seluruh Sub-benua India. Beberapa adalah hasil sinkretisme budaya - misalnya, pav bhaji (roti / roti dengan sayuran yang dimasak dan dihaluskan) mencerminkan pengaruh Portugis, dalam bentuk roti, dan bhel puri dan Sevpuri, yang berasal dari Mumbai.
Ada unsur umum di antara varian ini termasuk dahi, atau yogurt; bawang merah cincang dan ketumbar; Sev (mie asin kering kering tipis); dan chaat masala, biasanya terdiri dari amchoor (bubuk mangga kering), jinten, Kala Namak (garam batu), ketumbar, jahe kering, garam, lada hitam, dan paprika merah. Bahannya digabungkan dan disajikan di atas piring logam kecil atau daun pisang, dikeringkan dan dibentuk menjadi mangkuk.
Sebagian besar chaats berasal dari beberapa bagian Uttar Pradesh di India, namun sekarang mereka dimakan di seluruh Sub-benua India. Beberapa adalah hasil sinkretisme budaya - misalnya, pav bhaji (roti / roti dengan sayuran yang dimasak dan dihaluskan) mencerminkan pengaruh Portugis, dalam bentuk roti, dan bhel puri dan Sevpuri, yang berasal dari Mumbai.
Chana Masala, secara harfiah "buncis kecil buncis"), juga dikenal sebagai channay, chole masala, chole atau chholay (jamak), adalah sajian dari bagian benua India; terkenal dengan masakan India dan Pakistan. Ramuan utamanya adalah berbagai buncis yang disebut chana (चना) atau kala chana (berarti chana hitam). Mereka jauh lebih kecil dari buncis khas (sekitar setengah diameter) dengan rasa lebih kuat dan teksturnya lebih kencang bahkan setelah dimasak.
Chole adalah nama untuk chickpea berwarna lebih besar dan ringan yang biasa ditemukan di Barat. Ini dikenal sebagai kabuli chana (काबुली चना) dalam bahasa Hindi-Urdu. Chana masala cukup kering dan pedas dengan citrus asam (rasa biasanya berasal dari ketumbar dan bawang). Chana biasanya digantikan oleh chole di sebagian besar restoran, dan kedua versi tersebut banyak dijual sebagai makanan ringan dan makanan jalanan di India dan Pakistan.
Chapati juga dikenal sebagai roti, safati, shabaati dan (di Maladewa) roshi, adalah roti isi yang tidak beragi dari bagian benua India; dan makanan pokok populer di India, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Sri Lanka, Afrika Timur dan Karibia. Chapati terbuat dari tepung terigu utuh yang dikenal dengan Atta, dengan mencampurnya dengan air dan garam opsional dalam alat pencampur yang disebut parat, dan dimasak dengan tava (wajan datar).
Ini adalah makanan pokok umum di benua India dan juga di kalangan ekspatriat dari anak benua India di seluruh dunia. Kata chapat (bahasa Hindi / Urdu: चपत /چپت, chapat) berarti "tamparan", yang menggambarkan metode tradisional untuk membentuk putaran adonan tipis dengan menampar adonan di antara telapak tangan yang dibasahi. Dengan setiap tamparan, putaran adonan diputar. Chapati tercatat dalam dokumen abad ke-16 Ain-i-Akbari oleh Abu'l-Fazl ibn Mubarak, wazir Kaisar Mughal Akbar.
Chapatis adalah salah satu bentuk roti gandum yang paling umum adalah makanan pokok di anak benua India. Biji gandum yang terkarbonisasi yang ditemukan pada penggalian di Mohenjo-daro serupa dengan spesies endemik gandum yang masih dapat ditemukan di India hari ini. Lembah Indus dikenal sebagai salah satu tanah leluhur dari gandum yang dibudidayakan. Chapati adalah bentuk roti atau rotta (roti). Kata-kata itu sering digunakan secara bergantian.
Chapatis, bersama dengan rotis diperkenalkan ke bagian lain dunia oleh para imigran dari anak benua India, terutama oleh pedagang India yang menetap di Asia Tengah, Asia Tenggara, dan kepulauan Karibia.
Dal adalah sebuah istilah di benua India kacang-kacangan kering dan split (yaitu, kacang lentil, kacang polong, dan kacang). Istilah ini juga digunakan untuk berbagai sup yang disiapkan dari kacang-kacangan ini. Kacang- kacangan ini termasuk makanan pokok terpenting di negara-negara SAARC, dan merupakan bagian penting dari masakan India, Nepal, Pakistan, Sri Lanka dan Banglades.
Dal sering dimakan dengan flatbreads seperti roti atau chapati atau dengan nasi, kombinasi disebut dal bhat. Dals tinggi protein dibandingkan tanaman lainnya. Dal yang belum dikuliti digambarkan sebagai chilka (kulit). Istilah dal sering dikontraskan dengan istilah gram, yang digunakan di bagian benua India untuk kacang-kacangan yang utuh dan bukan split.
Dal sering dimakan dengan flatbreads seperti roti atau chapati atau dengan nasi, kombinasi disebut dal bhat. Dals tinggi protein dibandingkan tanaman lainnya. Dal yang belum dikuliti digambarkan sebagai chilka (kulit). Istilah dal sering dikontraskan dengan istilah gram, yang digunakan di bagian benua India untuk kacang-kacangan yang utuh dan bukan split.
Kata dāl berasal dari akar kata bahasa Sanskerta dal- "untuk membagi". Persiapan Dal dimakan dengan nasi (di India bagian timur), serta rotis, chapati dan naan (di India barat) di anak benua India. Di anak benua India, itu dimakan dengan nasi dan roti lapis gandum yang disebut roti. Cara dimasak dan disajikan bervariasi menurut wilayah. Di India Selatan, dal terutama digunakan untuk membuat sajian yang disebut sambar. Hal ini juga digunakan untuk membuat pappu yang dicampur dengan charu dan nasi.
Baati (Rajasthani: बाटी) adalah roti keras dan tidak beragi yang dimasak di sebagian besar wilayah Rajasthan, dan di beberapa bagian Madhya Pradesh dan Gujarat. Hal Paling berharga terletak pada masa simpannya yang panjang dan kandungan nutrisinya yang tinggi, dan di daerah gurun pasir, untuk jumlah minimal air yang dibutuhkan untuk persiapannya. Baati selalu dimakan dengan dal, maka dinamakan dal baati. Baati juga terkait erat dengan litti (masakan), populer di Uttar Pradesh timur (Varanasi) dan Bihar barat. Kentang Litti, tomat dan terong panggang).
Baati bisa jadi polos atau memiliki berbagai macam tambalan, termasuk bawang bombay, kacang polong, dan sattu. Bafla adalah sejenis baati, yang lebih lembut. Bafla dan baati selalu dimakan dengan dal panas dengan pure ghee dan chutney.
Chura atau Flattened Rice, adalah nasi yang diratakan menjadi serpihan datar, ringan, dan kering.Serpihan beras ini membara bila ditambahkan ke cairan, baik panas atau dingin, karena menyerap air, susu atau cairan lainnya. Ketebalan serpih bervariasi antara hampir tembus pandang (varietas yang lebih mahal) hampir empat kali lebih tebal dari pada butiran padi normal. Hal ini juga disebut dipukuli nasi agar tidak bingung dengan Poha, hidangan India Utara yang disiapkan menggunakan nasi datar. Secara khusus, Indori Poha terkenal di Indore dan dimakan bersama Jalebi)
Bentuk beras mentah yang mudah dicerna ini sangat populer di India, Nepal dan Bangladesh, dan biasanya digunakan untuk menyiapkan makanan ringan atau makanan cepat saji ringan dan mudah dalam berbagai gaya masakan India, beberapa bahkan untuk konsumsi jangka panjang dalam seminggu atau lebih.
Poha bisa dimakan mentah dengan cara merendamnya di air biasa atau susu, dengan garam dan gula secukupnya, atau digoreng dengan minyak goreng dengan kacang, kismis, kapulaga, dan rempah-rempah lainnya. Ragam goreng ringan adalah sarapan standar di wilayah Malwa (sekitar Ujjain dan Indore) di Madhya Pradesh. Hal ini dapat dilarutkan dengan air panas untuk membuat bubur atau pasta, tergantung pada proporsi air yang ditambahkan. Di desa-desa, terutama di Chhattisgarh, beras yang diratakan juga dimakan mentah oleh pencampuran dengan jaggery.
Gajar Ka Halwa (Hindi: गाजर का हलवा), juga dikenal sebagai gajorer halwa (jangan dikelirukan dengan gajrela), adalah puding sajian manis berbasis wortel dari bagian benua India. Hal ini dilakukan dengan menempatkan wortel parut dalam pot yang mengandung sejumlah air, susu dan gula khusus dan kemudian dimasak sambil diaduk secara teratur. Seringkali disajikan dengan hiasan almond dan pistachio. Kacang-kacangan dan barang-barang lainnya yang digunakan pertama kali di tumit di ghee, mentega mengklarifikasi Asia Selatan.
Makanan penutup ini secara tradisional dimakan selama semua festival di India, terutama pada kesempatan Diwali, Holi, Idul Fitri dan Raksha Bandhan. Hal ini disajikan panas selama musim dingin.
Gajar ka halwa pertama kali diperkenalkan pada masa Mughal dan namanya berasal dari kata Arab "halwa", yang berarti "manis" dan terbuat dari wortel (dalam bahasa Hindi: gajar) sehingga dikenal dengan istilah gajar ka halwa ( artinya puding wortel atau Halwa dari wortel). Hal ini sangat terkait dengan Punjab namun tidak jelas apakah itu berasal dari sana. Hal ini sangat mirip dengan jenis halal Punjabi lainnya. Gajar ka halwa awalnya berisi wortel, susu dan ghee namun saat ini sudah banyak mengandung bahan lain seperti mava (khoya). Resep tradisional usia tua ini tetap ada di buku masak Punjabi selama bertahun-tahun.Sebagai kombinasi antara susu dan wortel ini dikenal dengan sebutan susu gajar ka halwa namun dalam kasus lain, kombinasi krim atau mava (khoya) dan wortel digambarkan sebagai mava flavored gajar ka halwa.
Jalebi, juga dikenal sebagai zulbia, adalah makanan populer yang manis di beberapa wilayah Asia Selatan, Asia Barat, Afrika Utara, dan Afrika Timur. Ini dibuat dengan adonan tepung tepung terigu (tepung terigu atau tepung serbaguna) adonan dalam bentuk pretzel atau melingkar, yang kemudian direndam dalam sirup gula. Jalebi sangat populer di Iran dan di benua India.
Makanan penutup ini bisa disajikan hangat atau dingin. Mereka memiliki tekstur yang agak kenyal dengan lapisan eksterior gula mengkristal. Asam sitrat atau jus jeruk nipis kadang ditambahkan ke sirup, begitu pula air mawar. Jalebi dimakan dengan dadih atau rabri (India Utara) bersamaan dengan pilihan rasa lain seperti kewra (wangi air).
Makanan penutup ini bisa disajikan hangat atau dingin. Mereka memiliki tekstur yang agak kenyal dengan lapisan eksterior gula mengkristal. Asam sitrat atau jus jeruk nipis kadang ditambahkan ke sirup, begitu pula air mawar. Jalebi dimakan dengan dadih atau rabri (India Utara) bersamaan dengan pilihan rasa lain seperti kewra (wangi air).
Hidangan ini tidak menjadi bertabrakan dengan permen dan varian serupa seperti imarti dan chhena jalebi.
Jalebi diyakini berasal dari sajian serupa Asia Barat. Menurut Hobson-Jobson, kata jalebi berasal dari kata Arab zulabiya atau zolbiya Persia, nama untuk hidangan serupa. Di komunitas Kristen di Asia Barat, disajikan pada Pesta Theophany (Epifani), sering dengan gula kering dan gula kayu manis atau gula pasir. Di Iran, di mana ia dikenal sebagai zolbiya, yang manis secara tradisional diberikan kepada orang miskin selama bulan Ramadhan. Sebuah buku masak abad ke-10 memberi beberapa resep zulubiya. Ada beberapa resep resep abad ke-13 yang manis, yang paling banyak diterima disebutkan dalam sebuah buku masak oleh Muhammad bin Hasan al-Baghdadi.
Piring tersebut dibawa ke India Abad Pertengahan oleh penjajah Turki yang berbahasa Persia. Pada abad ke 15 India, jalebi dikenal sebagai Kundalika atau Jalavallika. Priyamkarnrpakatha, sebuah karya oleh penulis Jain Jinasura, yang disusun sekitar tahun 1450 M, menyebutkan jalebi dalam konteks makan malam yang diselenggarakan oleh seorang pedagang kaya. Gunyagunabodhini, karya Sanskerta lain yang berkencan sebelum 1600 M, berisi daftar bahan dan resep hidangan; Ini identik dengan yang digunakan untuk mempersiapkan jalebi modern.
Ernest A Hamwi, seorang imigran Suriah ke Amerika Serikat, diyakini telah menggunakan versi Persia zalabia sebagai kerucut es krim awal.
Komentar
Posting Komentar