Ingredient

      1. GULA
      Gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk kristal sukrosapadat. Gula digunakan untuk mengubah rasamenjadi manis dan keadaan makanan atau minuman. Gula sederhana, seperti glukosa(yang diproduksi dari sukrosa dengan enzim atau hidrolisis asam), menyimpan energi yang akan digunakan oleh sel.
        Negara-negara penghasil gula terbesar adalah negara-negara dengan iklim hangat seperti AustraliaBrasil, dan ThailandHindia Belanda(sekarang Indonesia) pernah menjadi produsen gula utama dunia pada tahun 1930-an, tetapi kemudian tersaingi oleh industri gula baru yang lebih efisien. Pada tahun 2001/2002 gula yang diproduksi di negara berkembang dua kali lipat lebih banyak dibandingkan gula yang diproduksi negara maju. Penghasil gula terbesar adalah Amerika Latin, negara-negara Karibia, dan negara-negara Asia Timur.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gula
  Nutrisi:
Nama Bahan Makanan : Gula Pasir
Nama Lain / Alternatif : - 
Banyaknya Gula Pasir yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Gula Pasir yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Gula Pasir = 364 kkal
Jumlah Kandungan Protein Gula Pasir = 0 gr
Jumlah Kandungan Lemak Gula Pasir = 0 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Gula Pasir = 94 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Gula Pasir = 5 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Gula Pasir = 1 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Gula Pasir = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Gula Pasir = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Gula Pasir = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Gula Pasir = 0 mg
Khasiat / Manfaat Gula Pasir : - (Belum Tersedia) 
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : G 
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.
 http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-gula-pasir-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html?m=1

Fungsi

Gula pasir mempunyai kandungan karbohidrat sederhana yang mudah diubah menjadi energi. Gula pasir dipercaya mampu menambah energi dalam tubuh karena kandungan karbohidratnya. Gula pasir cukup terkenal berkhasiat untuk menambah energi, antioksidan, menyehatkan kulit, dan semacamnya. Akan tetapi, konsumsi gula pasir juga memiliki batas aman setara dengan satu hingga dua sendok makan tiap harinya agar tercegah dari risiko penyakit gula darah.
Gula pasir sudah menjadi bahan utama dalam pembuatan masakan. Hampir di seluruh nusantara, terutama pulau Jawa, menggunakan gula pasir sebagai pengimbang garam dan penguat rasa. Gula pasir juga dapat ditambahkan sebagai pemanis minuman alami seperti teh, kopi, es, dan semacamnya.
http://www.kerjanya.net/faq/17928-gula-pasir.html
   2. Tepung Terigu
       ...

Tepung terigu merupakan salah satu bahan makanan pokok beberapa negara di dunia. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, tepung terigu juga memiliki harga yang relatif terjangkau, sedangkan untuk proses pengolahannya sendiri cukup praktis. Karena itulah tepung terigu banyak dijadikan sebagai bahan makanan pokok di berbagai penjuru dunia. Tepung terigu mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dengan air. Tepung terigu juga mengandung protein dalam bentuk gluten. 
Gandum sebagai bahan utama dari pembuatan tepung terigu  mulai dikenal di dunia pada ribuan tahun silam. Tanaman ini diperkirakan mulai tumbuh di kawasan mediterania, sekitar Turki, Syria, India, bahkan Eropa pada tahun 4000 SM relief di pemakaman kuno. Mesir mengindikasikan bahwa gandum digunakan sebagai makanan manusia. Dan gandum dikenal sebagai makanan di China pada tahun 2700 SM. Sejalan dengan penyebaran manusia, demikian juga gandum sebagai makanan pokok, lalu menyebar di Eropa Timur, Amerika Selatan, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Canada dan Australia. Hal ini mengakibatkan varietas dan jenis gandum pun semakin beragam, bergantung lokasi dan masa tumbuhnya.
Untuk di Indonesia sendiri, masuknya komoditi biji-bijian gandum ke Indonesia berlangsung jauh sebelum masa kemerdekaan. Para pedagang atau saudagar membawanya dari Timur Tengah, Afrika, dan Australia. Biji-bijian gandum dibutuhkan sebagai bahan baku makanan olahan. Bahkan setelah kemerdekaan Indonesia pun, biji-bijian gandum masih harus didatangkan dari luar negeri. Waktu itu paling banyak didatangkan dari Australia karena lebih dekat dan lebih murah. Hanya saja konsumsi biji-bijian gandum tidak sebanyak sekarang. Karena beberapa kelompok masyarakat masih menggunakan bahan baku berasal dari singkong, talas atau beras untuk diolah menjadi tepung terigu.
Belum ada catatan sejarah yang menyebutkan bahwa orang Eropa yang membawa masuk gandum ke Indonesia. Hingga pada dekade tahun 1960-an hingga tahun 1970-an setelah Indonesia merdeka, dengan adanya pemberian bantuan pangan dengan mengirimkan gandum ke negara-negara berkembang. Hal tersebut dilatarbelakangi adanya surplus besar-besaran produksi gandum di ladang-ladang di Amerika. Gandum tersebut oleh Amerika Serikat digunakan sebagai alat propaganda pangan dan politik negara.
Hingga sampai sekarang, kebutuhan gandum sebagai bahan utama tepung terigu terus mengalami peningkatan, karena permintaan pasar yang terus bertambah seiring dengan berkembangnya berbagai jenis kuliner. Salah satu makanan yang membutuhkan tepung terigu yaitu fried chicken atau ayam goreng berbalut tepung yang biasa Rocketers pesan di seluruh outlet Rocket Chicken. Berbagai varian menu yang lezat dan hemat tersedia di Rocket Chicken, mulai dari Ayam Geprek yang pedasnya selalu bikin ketagihan hingga Rocket Cheesy dengan saos kejunya yang lumer di mulut. Penasaran seperti apa lezatnya makan di Rocket Chicken dan seberapa hematnya harga yang tidak menguras isi kantong? Kunjungi outlet Rocket Chicken terdekat di daerah kalian!
https://rocketchicken.co.id/info/sejarah-tepung-terigu-di-dunia-dan-perkembangannya-di-indonesia
Manfaat Tepung Terigu Berdasarkan Jenisnya
Berdasarkan jenis-jenisnya, tepung terigu memiliki manfaat sebagai berikut.
1. Tepung terigu protein tinggi
Tepung terigu protein tinggi memiliki kadar gluten paling tinggi yaitu berkisar antara 13%-14%  sehingga memiliki kemampuan mengikat dan memerangkap gas dengan baik yang membuat adonan mengembang sempurna dan tekstur lebih kenyal. Namun kelemahannya, tepung terigu jenis ini cepat basi dan berjamur sehingga tidak dapat bertahan lama.
2. Tepung terigu protein sedang
Tepung terigu protein sedang memiliki kadar gluten menengah yaitu berkisar antara 11%-12% dan seringkali digunakan sebagai tepung serba guna dalam pembuatan makananan.
Tepung terigu dengan protein sedang baik sekali untuk makana dengan tekstur lembut namun cukup mengembang. Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu jenis ini antara lain beberapa macam cake seperti bolu, banana cake, brownies, bolu gulung, roti manis, waffle, martabak manis ataupun kegunaan lain yang lebih luas.
3. Tepung terigu protein rendah
Tepung terigu protein rendah memiliki kadar gluten paling rendah yaitu tak lebih dari 11% dan baik sekali untuk membuat kue-kue yang renyah. Kelebihannya, tepung terigu jenis ini memiliki ketahanan yang lebih lama dikarenakan rendahnya kadar protein.
Tepung terigu jenis ini digunakan untuk membuat makanan yang tidak mengutamakan volume dan kekenyalan. Beberapa makanan yang cocok dibuat dari tepung terigu protein rendah antara lain kue kering dan biskuit, maupun bakpia , sponge cake, black forest, chocolate cake, lapis Surabaya, swiss roll, lapis legit, pancake, chiffon cake, cookies, egg drop dan yang lainnya seperti untuk membuat bahan campuran gorengan.
https://www.google.com/amp/s/manfaat.co.id/manfaat-tepung-terigu/amp
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Tepung Terigu :

Nama Bahan Makanan : Tepung Terigu
Nama Lain / Alternatif : - 
Banyaknya Tepung Terigu yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Tepung Terigu yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Tepung Terigu = 365 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tepung Terigu = 8,9 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tepung Terigu = 1,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tepung Terigu = 77,3 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tepung Terigu = 16 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tepung Terigu = 106 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Tepung Terigu = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tepung Terigu = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tepung Terigu = 0,12 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tepung Terigu = 0 mg
Khasiat / Manfaat Tepung Terigu : - (Belum Tersedia) 
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : T 
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Tepung Terigu Hasil Penelitian yang Lain :

Banyaknya Tepung Terigu yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 
Bagian Tepung Terigu yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Tepung Terigu = 333 kkal
Jumlah Kandungan Protein Tepung Terigu = 9 gr
Jumlah Kandungan Lemak Tepung Terigu = 1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Tepung Terigu = 77,2 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Tepung Terigu = 22 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Tepung Terigu = 150 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Tepung Terigu = 1,3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Tepung Terigu = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Tepung Terigu = 0,1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Tepung Terigu = 0 mg 
http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-tepung-terigu-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html?m=1#.XjMl-x58o0M
3.TELUR
Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain dagingikandan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayambebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrioyang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur.

fungsi telur dalam dunia perkulineran, yaitu:


Sumber : Biggerbolderbaking.com

1. Sebagai Perekat
Fungsi pertama telur dalam dunia kuliner adalah bisa dijadikan sebagai perekat. Bagian putih telur yang mengandung protein tinggi bisa merekatkan adonan yang kamu buat seperti merekatkan kulit risol, kulit pangsit, atau pada saat kamu membuat bakso hingga adonan yang menggunakan campuran tepung serta bahan lainnya di dalamnya. Hal ini dikarenakan sifat adhesivitasnya yang berfungsi sebagai pengikat bahan lain dan menjadikan teksturnya menyatu.

2. Sebagai Pengembang
Kalau fungsi telur yang satu ini pasti sudah kamu ketahui. Telur memang bisa menjadi pengembang makanan yang alami. Hal ini bisa terjadi saat proses pembentukan buih dimulai ketika putih telur dikocok hingga mengembang dan gelembung udara tertangkap oleh putih telur. Pembentukan buih ini akan menyatu dengan protein dalam putih telur yang bernama albumin. Alhasil jika dikocok dengan konstan, maka adonan bisa mengembang.

3. Sebagai Pengental
Tahukah kamu kalau ternyata telur juga bisa menjadi pengental makanan. Jika kedua fungsi telur di atas berasal dari bagian putih telur, fungsi pengempuk makanan ini justru berasal dari bagian kuning telur. Bagian kuning telur memiliki kemampuan emulsi yang bisa digunakan pada pengolahan saus seperti mayonaise. Protein dalam kuning telur akan mengalami denaturasi dan akan mengakibatkan terjadinya penggumpalan protein atau pembentukan gel.

4. Sebagai Pengempuk
Fungsi telur berikutnya adalah sebagai pengempuk. Hal ini sering kita lihat pada adonan roti yang menggunakan telur dengan yang tidak menggunakan telur. Tekstur roti yang menggunakan telur memang bisa lebih empuk. Hal ini karena sebagian besar kandungan pada kuning telur adalah lemak yang bisa melembutkan adonan secara alami sehingga kamu tak perlu menggunakan emulsif atau pengembang buatan.

5. Sebagai Pewarna dan Perasa
Fungsi yang terakhir adalah telur bisa berfungsi sebagai pewarna dan perasa pada makanan. Jika kamu perhatikan, rasanya hampir semua pastry dan roti menggunakan kuning telur untuk mengoles bagian atasnya sebelum dipanggang. Hal ini dilakukan agar hasil roti dan pastry pada bagian atas berwarna kuning berkilau. Selain itu, kuning telur juga bisa menjadikan cita rasanya menjadi lebih gurih menggoda.

Itulah beberapa fungsi telur dalam dunia perkulineran. 

https://www.google.com/amp/s/pergikuliner.com/blog/ini-dia-5-fungsi-telur-dalam-dunia-perkulineran.amp

Nutrisi telur
Kal
74
Lemak
4,97 g
Karb
0,38 g
Prot
6,29 g
Terdapat 74 kalori dalam Telur (1 besar).
Informasi Gizi
Ukuran Porsi
1 besar
Per porsi
Energi
308 kj
74 kkal
Lemak
4,97g
Lemak Jenuh
1,55g
Lemak tak Jenuh Ganda
0,682g
Lemak tak Jenuh Tunggal
1,905g
Kolesterol
212mg
Protein
6,29g
Karbohidrat
0,38g
Serat
0g
Gula
0,38g
Sodium
70mg
Kalium
67mg

https://mobile.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/telur

Komentar

Postingan Populer